Tuesday, August 25, 2009

Alohomora: Sebuah Mantera Pembuka

Pada mulanya adalah kata.
Dan halaman pertama pun berbicara.

Akhirnya saya mempunyai blog. Sebuah blog dengan tampilan yang kebetulan pas di hati saya. Berwarna cokelat kekuningan sehingga mirip sekali dengan perkamen- kulit yang dipakai sebagai pengganti kertas.

Istilah perkamen saya dapatkan dari membaca novel fiksi fantasi. Mulai dari trilogi The Lord of the Ring sampai dengan serial Harry Potter sering sekali menggunakan istilah perkamen. Saya memang penyuka novel fiksi fantasi. Selain sebagi hiburan, novel fiksi fantasi merupakan media pembelajaran bagi saya mengenai bagaimana seorang penulis besar menulis.

Saya memang berencana menulis sebuah buku.
Sebuah novel fiksi fantasi yang saya suka. Dua orang penulis favorit saya adalah JK Rowling dan JRR Tolkien. Dari mereka , saya belajar menciptakan nama-nama, membuat plot yang baik, dan teknik bercerita yang brilian.

Saya terkesan dengan karakter Hermione Granger, Gilderoy Lockhart, dan Bilbo Baggins. Mungkin ketiga tokoh tersebut merupakan representasi dari diri saya. Saat masih sekolah, saya mungkin mirip sekali dengan Hermione. Panjang kertas jawaban essay saya sangat jarang sekali dikalahkan. Saya selalu membutuhkan kertas tambahan sedikit lebih banyak dari teman-teman saya. Berkaitan dengan Gilderoy Lockhart, kata teman-teman, saya agak sedikit narsis, senang difoto, dan tampil di mana-mana. Tetapi menurut saya, kegemaran difoto hanya merupakan sebuah langkah preventif agar saya tidak kehilangan momen-momen tertentu dalam hidup. Dan berkaitan dengan Bilbo Baggins, yah, kadang-kadang sifat usil membutuhkan kebebasan berekspresi. :)

Namun, benang merah dari ketiganya adalah mereka senang membaca dan menulis. Dua kegiatan kebahasaan yang sering dianggap remeh di ranah republik tercinta ini. Membaca bagi saya sudah menjadi kebutuhan, yang wajib dan harus dilakukan setiap hari layaknya makan, minum, dan buang air. Sedangkan kegiatan menulis baru sebatas hobi yang mungkin suatu saat akan menjadi passion dalam hidup saya.

Melalui blog ini, saya akan menulis perjalanan proses kreatif saya dalam mengasah kemampuan menulis, terutama yang berkaitan dengan fiksi fantasi. Siapa tahu suatu saat, saya akan menjadi penulis novel sekaliber JK Rowling atau JRR Tolkien dari Indonesia.

So, wish me luck.
Berawal dari satu kata.
Berawal dari halaman pertama.

Alohomora: Let's this blog begin!!!

No comments:

Post a Comment