Thursday, September 10, 2009

The Writer's Journal: Sebuah Blog Evolusi

Blog ini sebenarnya bukan blog baru. Meski secara esensial baru dibuat bulan lalu, namun pada dasarnya isi dari blog ini merupakan pindahan dari blog saya terdahulu dengan template yang berbeda. Saya menggantinya karena blog yang baru ini lebih menunjukkan 'saya'. Bentuknya standar dan tidak terlalu ruwet. Blog seperti inilah yang saya inginkan. Hal itu karena tujuan dari blog ini hanya untuk merekam perjalanan kreatif dalam karier kepenulisan yang saya jalani.

Blog-blog semacam ini sebenarnya banyak sekali bertebaran di dunia maya layaknya samudera tak bertepi ini. Blog yang menceritakan kisah keseharian dalam berbagi bentuknya masing-masing sesuai dengan pribadi si empunya blog. Melalui blog ini saya hanya ingin merekam langkah-langkah dan lika-liku saya selama menjalani hidup ini, sembari berusaha mewujudkan mimpi saya sejak kecil yaitu menulis buku.

Saya menyukai membaca. Dan membaca tentang pengalaman pribadi di masa lampau kadang-kadang juga dapat digunakan sebagai media untuk merefleksikan diri, berkaca, atau untuk sekadar mengevaluasi diri tentang sudah seberapa jauhkah sebenarnya kita melangkah, sudah seberapa melencengkah langkah kita dari tujuan semula, dan sudah seberapa banyakkah karya-karya yang dahulu kita impi-impikan akan menjadi kenyataan.

Blog ini tidak akan berisi tentang kehidupan pribadi saya. Ini hanya berfungsi sebagai sparing partner bagi kehidupan menulis saya. Bagi Anda yang mungkin tidak sengaja nyasar ke blog ini dan berusaha untuk mengetahui diri saya melalui blog ini, mungkin Anda akan menemui kebosanan saat membaca tulisan-tulisannya. But U know one thing abaut me, I tell u, I don't care. I'm not here to entertain anybody, or amuse anybody. Saya menulis blog ini karena saya ingin.

Tak ada ketentuan yang pasti atau semacam aturan yang baku dalam menulis di blog ini. Tak diperlukan kalimat-kalimat yang harus baku dan kaku. Saya pun tak mewajibkan diri untuk menulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk blog ini, saya lebih suka menggunakan bahasa yang terlintas di kepala saya saat nge-blog. Jadi, bisa saja dalam satu tulisan, Anda akan mengetahui isinya terdapat bahasa Indonesia, Inggris, atau mungkin bahasa Jawa yang sangat kental melingkupi kehidupan sehari-hari saya. Hal itu tak menjadi masalah buat saya. Tapi secara umum, bahasa Indonesia akan sangat sering digunakan.

Tantangan dalam menulis blog ini sangat banyak. Terutama sekali adalah masalah waktu. Hal yang menjadi sangat mahal harganya bagi saya akhir-akhir ini. Tak tahu kenapa, yang jelas saya merasakan bahwa waktu kok rasa-rasanya berjalan lebih cepat dari biasanya. Segalanya menuntut serba cepat. Belum lagi kesibukan di dalam pekerjaan saya yang lain yaitu sebagai seorang abdi negara. Jam kantor biasanya akan habis seharian mengerjakan sesuatu yang sangat membosankan. Membosankan karena mungkin menjadi suatu kebiasaan yang kelihatannya menjadi sesuatu yang selayaknya begitu. Pulang kantor jelas merupakan waktu yang tepan untuk beristirahat ria untuk menyiapkan tenaga esok hari. Begitu seterusnya, siklus hidup yang saya jalani. Satu-satunya jalan yang dapat saya tempuh untuk menulis dan mengisi jurnal ini adalah pas di kantor. Yaitu kalau tidak sebelum jam kerja, ya sesudah jam kerja, jam istirahat atau mungkin curi-curi waktu di sela-sela jam kerja. Tapi satu hal garis batas yang tegas saya tarik di sini: saya tidak ingin pekerjaan saya yang lain terbengkalai gara-gara saya mengisi blog ini.

Yah, bagaimanapun cara dan keadaannya, saya hanya berusaha untuk mendisiplinkan diri agar secara teratur menulis. Itu saja yang paling penting buat saya. Saat ini.

No comments:

Post a Comment